Kuharap akupun memiliki keteguhan hati dan kesabaran untuk menjalankan apa yang ku-anggap sebagai sebutan yang paling berharga yaitu seorang muslim yang amanah (Bigbang. B)

Mengapa Mouse Dinamai Demikian ?

Sumber : www.lgblog.co.uk
Bagi anda yang memiliki netbook/laptop/komputer, tentu sudah Tidak asing lagi dengan benda ini bukan ? Ya, benda ini merupakan sebuah mouse yang biasa anda pakai di netbook/laptop/komputer anda. Namun, tahukah anda mengapa mouse dinamai demikian ? Memang, jika diterjemahkan, kata mouse ke dalam Bahasa Indonesia berarti tikus. Sedangkan, mouse itu sendiri digunakan untuk menggerakkan kursor yang ada di layar netbook/laptop/komputer kita. Kalau anda pikir-pikir mungkin anda akan bertanya seperti ini : "Apa hubungannya ?". Dan, tahukah anda siapa penemu mouse itu ? Jika anda belum tahu mungkin ada baiknya anda membaca artikel saya kali ini yang akan mengupas tentang hal itu. Sebelumnya saya meminta maaf karena sudah lama tidak membuat artikel di blog saya ini.

Seperti yang saya katakan tadi, anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah mouse. Sebuah mouse dapat memudahkan kita dalam mengoperasikan komputer atau laptop yang kita miliki. Jika kita tidak memiliki sebuah mouse (apalagi bagi yang mempunyai komputer) tentu akan terasa sulit untuk mengoperasikannya. Namun anda mungkin tidak mengetahui siapa sebenarnya yang berjasa menemukan mouse ini dan mengapa ia menamai benda temuannya itu seperti demikian.

Mouse model pertama ciptaan Engelbart
Sumber : www.unikz.up2det.com

Menurut sejarah, mouse ditemukan pada tahun 1968 oleh seorang pria yang bernama Douglas Engelbart. Pada waktu itu, ia mencoba untuk membuat sebuah alat yang dapat membantunya untuk mengendalikan komputer miliknya sendiri. Ia mencoba membuat alat itu dari sebuah balok kayu kecil yang diberikannya roda agar mudah bergerak. Pada bagian belakang dari alat itu, terdapat kabel yang panjang seperti ekor. Dan sebuah peneliti yang melihat alat Engelbart itu menamainya dengan nama "mouse" (saya ga tau juga kenapa. Masalahnya, kalau saya liat gambarnya sama sekali ga mirip tikus). Dan akhirnya, seiring perkembangan zaman mouse menjadi semakin terkenal dan bentuknya-pun tampak lebih menyerupai tikus dibanding model pertama yang diciptakan Engelbart.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...