Kuharap akupun memiliki keteguhan hati dan kesabaran untuk menjalankan apa yang ku-anggap sebagai sebutan yang paling berharga yaitu seorang muslim yang amanah (Bigbang. B)

Mengapa Pesawat Dapat Terbang ?

Sumber : kampungscoti.wordpress.com
Pernahkah anda naik pesawat terbang ? Saya rasa, mungkin di antara anda ada yang pernah menaikinya. Biasanya, orang lebih memilih menaiki pesawat terbang jika bepergian jauh daripada menaiki kendaraan lainnya. Alasannya yaitu agar mempersingkat waktu perjalanan, karena pesawat terbang memiliki kecepatan yang luar biasa cepat, apalagi pesawat jet seperti gambar di samping ini. Namun pernahkah anda memikirkan kenapa pesawat terbang itu bisa terbang di udara ? Padahal pesawat terbang  itu sendiri memiliki bobot yang luar biasa beratnya. Kalau anda pikir kembali, mungkin anda akan merasa bingung. Sebab, kita saja yang bobotnya lebih ringan dari pesawat terbang tidak dapat terbang. Sedangkan pesawat terbang yang bobotnya jauh lebih berat dibanding bobot badan kita dapat terbang di udara. Penasaran ? Silahkan membaca artikel berikut ini.

Pesawat terbang memang dirancang secara khusus agar dapat terbang di udara. Saat, pesawat mengudara, sebenarnya ada empat gaya yang berbeda arah bekerja pada pesawat. Gaya itu adalah gaya berat, gaya angkat, gaya dorong, dan gaya hambatan.

Pesawat dapat terbang jika gaya angkat lebih besar daripada gaya berat dan gaya dorong lebih besar dari gaya hambatan. Gaya dorong berasal dari mesin pesawat itu sendiri. Gaya dorong ini harus lebih kuat dari hambatan akibat gesekan antara badan pesawat dengan udara. Jika tidak, akibatnya pewat tersebut tidak dapat terbang di udara.

Gaya angkat pesawat timbul akibat desain sayap pesawat yang melengkung. Sayap pesawat didesain khusus agar kecepatan angin di atas badan pesawat lebih cepat dibanding kecepatan angin yang berada di bawah. Akibat perbedaan kecepatan angin ini, timbullah gaya angkat pesawat.

Saat pesawat tinggal landas, gaya angkat ini harus lebih besar. Saat pesawat sudah sampai di udara dan terbang dengan stabil pada ketinggian tertentu, gaya angkat pesawat sama dengan gaya beratnya. Dan saat pesawat akan mendarat, gaya angkat ini harus dikurangi sedikit demi sedikit.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...